Wednesday, August 8, 2012

ASEAN: Bendera dan Lagu

Pada hari ini (8/8/12), ASEAN telah memasuki usia ke 45 sejak didirikannya pada tahun 1967. Seiring perkembangan zaman, ASEAN telah banyak melakukan metamorfosis yang tadinya suatu perkumpulan yang berdasarkan kesepakatan politik atau istilahnya hanya sebagai tempat perkumpulan (paguyuban) negara-negara Asia Tenggara tanpa berbentuk legal entity, menjadi suatu asosiasi atau organisasi yang memiliki legal status dengan disusunnya piagam ASEAN (ASEAN Charter) sejak ASEAN Summit tahun 2005 di Kuala Lumpur hingga selesai untuk diadopsi pada ASEAN Summit tahun 2007. Piagam ASEAN ini mulai entry into force sejak 15 Desember 2008.

Untuk terus mempererat persatuan dan komitmen yang dibangun menuju komunitas ASEAN 2015, maka dibuatlah bendera dan lagu ASEAN sebagai tindak lanjutnya. Adapun bendera ASEAN seperti berikut ini:

Bendera ini sebenarnya sudah diadopsi sejak tahun 1997, namun detailnya dan dikukuhkan kembali dalam ASEAN Charter. Komposisi warna mencerminkan warna-warna yang digunakan pada kebanyakan bendera kenegaraan negara-negara ASEAN.

Biru mencerminkan kedamaian dan stabilitas, merah mencerminkan keberanian dan kedinamisan, putih mencerminkan kemurnian, dan kuning mencerminkan kesejahteraan.

Sedangkan untuk lagu persatuan atau ASEAN Anthem, telah terpilih melalui lomba cipta lagu ASEAN dengan judul "The ASEAN Way". Adapun lagunya seperti berikut ini:


Lagu "The ASEAN Way" ini liriknya ditulis oleh Payom Valaiphatchra dengan komposer Kittikhun Sodprasert dan Sampow Triudom, pemenang perlombaan dari 99 finalis dari semua negara ASEAN.
Adapun liriknya sebagai berikut:

Raise our flag high, sky high
Embrace the pride in our heart
ASEAN we are bonded as one
Look-in out to the world.
For peace, our goal from the very start
And prosperity to last.
We dare to dream we care to share.
Together for ASEAN
we dare to dream,
we care to share for it's the way of ASEAN.



Sumber: 
1. Wikipedia
2. http://www.aseansec.org/
3. Youtube






No comments:

Post a Comment